Macam-macam Budaya Politik dan Contohnya

Macam-macam Budaya Politik

Macam-macam Budaya Politik – Budaya politik merupakan sistem nilai dan keyakinan yang dimiliki bersama oleh masyarakat. Budaya politik dilihat melalui sikap orientasi yang khas dari warga negara terhadap sistem politik dan semua bagiannya. Pola tingkah laku individu dan orientasi terhadap kehidupan pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh anggota suatu sistem politik.

Sehingga dapat terlihat bagaimana pola pola khusus yang ada di masyarakat dapat di distribusikan untuk mencapai tujuan politik di antara masyarakat bangsa itu.

Budaya Politik Apatis

Budaya politik apatis adalah budaya politik suatu masyarakat yang apabila di lihat dari partisipasinya terhadap pemerintahan dan negara sangat rendah. Sifat sifat dalam budaya politik apatis adalah tidak peduli, masa bodoh, dan pasif.

Sebagian besar masyarakat dalam budaya politik ini memiliki tingkat pendidikan yang rendah atau fungsi sosialisasi politik tidak menjangkaunya. Salah satu faktornya adalah letak wilayahnya yang sangat terpencil

Contoh Budaya Pollitik Apatis

Jika seseorang bersikap menolak kehadiran politik di wilayahnya serta memiliki pandangan buruk terhadap pemilihan umum, hal itu berarti ia memiliki orientasi politik yang bersifat apatis

Contoh ini jika di lihat dari sisi orientasi budaya politiknya, maka sikap menolak dan memiliki pandangan buruk terhadap kehadiran politik adalah bagian dari orientasi afektif karena melibatkan perasaan. Perasaan tersebut bisa berupa penolakan atau penerimaan sistem politik tersebut.

Baca Juga : https://kamalinews.id/

Budaya Politik Mobilisasi

Budaya politik mobilisasi adalah politik suatu masyarakat di sikap atau tingkah laku masyarakat di mana sikap atau pola tingkah laku masyarakatnya sengaja di dorong atau di mobilisasi agar ikut berpartisipasi dalam kegiatan politik

Contoh Budaya Poltik Mobilisasi

Contoh adalah mobilisasi politik dalam pemilihan kepala desa. Mobilisasi dapat di lakukan secara langsung dan tidak langsung. Mobilisasi langsung dapat berupa kampanye terbuka, intimidasi, atau pemberian fasilitas yang bersifat transaksional.

Sedangkan contoh mobilisasi tidak langsung dapat berupa memengaruhi opini publik melalui media sosial. Misalkan, seorang calon kepala desa memberikan kepada warganya agar memilihnya dalam pemilian kepala desa

Budaya Politik Partisipatif

Rasa kedekatan antarsuku yang tinggi, rendahnya kepercayaan terhadap hal hal lain di luar etnisnya, serta tidak sadar akan kehadiran pemerintah pusat, merupakan ciri ciri masyarakat yang berbudaya politik partisipatif.

Budaya politik partisipatif adalah budaya politik di mana masyarakat berorientasi pada struktur input, proses, dan output dari sistem politik. Masyarakatnya sangat aktif dalam kegiatan politik.

Contoh Budaya Politik Partisipatif

  • Memberikan suara dalam pemilihan umum atau pemilu
  • Melakukan unjuk rasa untuk menyuarakan aspirasi
  • Ikut aktif menjadi anggota partai politik
  • Aktif dalam musyawarah untuk mencapai mufakat dalam rapat desa.
  • Di lingkungan sekolah, budaya politik partisipatif di tunjukkan dengan mengikuti pemiligan ketua OSIS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *