Makanan Khas Papua yang Unik, Banyak yang dari Bahan Sagu

Makanan Khas Papua – Papua menjadi salah satu kawasan Indonesia Timur, yang di kenal banyak menghasilkan makanan khas yang unik dan punya rasa lezat. Pasalnya, hidangannya kerap di olah dengan rempah dan bahan bahan lokal yang segar tradisi masakan yang khas. Dalam artikel ini, kita akan memperkenalkan beberapa khas Papua yang menggugah selera. Ada apa saja? Simak daftarnya dibawah ini.

Berikut merupakan beberapa nama makanan khas daerah Papua

1. Udang Selingkuh

Udang selingkuh merupakan makanan khas Papua, yang berbahan utama udang air tawar. Menariknya, dinamakan udang selingkuh karena udang yang di pakai punya bentuk tubuh udang tapi bentuk capit seperti kepiting. Udang tersebut punya tektstur daging yang berserat dengan rasa yang manis mirip seperti daging lobster. Udang ini biasanya di temukan di Sungai Baliem, Kabupaten Jayawijaya

Hidangan udang selingkuh bisa di masak atau di goreng, dan terkedang di sajikan bersama dengan bunga pepaya atau tumis kangkung.

2. Papeda

Papeda merupakan salah satu makanan khas Papua terkenal yang terbuat dari sagu. Makanan ini termasuk makanan pokok masyarakat asli Papua dan masyarakat di wilayah timur Indonesia lainnya. Umumnya, papeda di santap dengan tambahan ikan kuah kuning. Dengan cita rasa kuah kuning yang asam segar.

3. Ikan Bakar Manokwari

Dikutip dari e-book Kuliner Bergizi berbasis Budaya oleh Sunarto Kadir dan M. Kes, Ikan Bakar Manokrawi merupakan makanan khas Papua Barat. Ikannya menggunakan ikan tongkol berukuran besar. Ikannya di lumuri dengan jeruk lemon dan garam, sehingga memiliki bumbu khusus karena rasanya berbeda dengan ikan bakar lainnya. Biasanya ketika di sajikan akan di beri sambal tumbuk.

4. Norohombi

Di kutip dari e-book Profil Struktur Bumbu dan Bahan Dalam Kuliner Indonesia oleh Murdijati Gardjito, dkk, Norohombi merupakan makanan khas Papua yang terbuang dari tepung sagu, kelapa parut, dan bia atau kerang kering. Makanan ini terbuat dari lapisan lempengan tepung sagu dan bia kering yang di bakar di atas bara api.

Baca Juga : 5 Kuliner Semarang yang Paling Enak dan Wajib Dicoba

5. Kue Sagu (Bagea)

Kue sagu menjadi makanan khas asal Papua Tengah. Sesuai dengan namanya, kue ini di buat dari bahan utama tepung sagu. Tekstur kue nya cukup keras jika di gigit, namun ketika masuk mulut kue inii akan melunak teksturnya

7. Sinole

Sinole merupakan makanan yang terbuat dari sagu dan kelapa parut. Hidangan ini sering di sebut kebab sagu, karena bentuknya mirip seperti kebab. Makanan ini berisi gula merah

8. Aunuve Habre

Hampir dengan Aunu Senebere, bedanya Aunuve Habre menggunakan ikan cakalang. Daun talasnya di gunakan untuk membekung ikan cakalang dan hidangan ini tidak menggunakan parutan kelapa

9. Eurimoo

Eurimoo merupakan klepon versi Papua namu tidak berisikan gula. Terbuat dari campuran tepung sagu dan pisang kapok/ambon. Makanan ini di buat dengan mencapmurkan tepung sagu dan pisang yang telah di hancurkan, kemudian, di bentuk bola bola, kemudian, direbus hingga mengapung. Penyajiannya akan di beri campuran kelapa parut dan garam.

10. Ikan Bakar Colo Dabu Dabu

Ikan bakar Colo Dabu dabu jadi makanan khas Papua selanjutnya yang lezat. Jenis ikan yang biasa di pakai adalah ikan baronang atau ikan kue. Dabu dabu merupakan sambal matah dengan cita rasa pedas segar.

Itu tadi informasi seputar makanaan khas Papua yang bisa jadi rekomendasi kuliner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *